Sunday, August 22, 2010

PENGUSIR JENUHNYA BERMUDIK

Mudik tentulah menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama keluarga. Terbayang kampung halaman yang asri, senyum ramah sanak keluarga, makanan nikmat penggugah selera, hingga kicauan burung dan udara segar yang langka kita rasakan. Tapi, romantika itu amatlah mudah sirna oleh rasa bosan dan jenuh sepanjang perjalanan. Utamanya bagi anak-anak kita. Apalagi fisik mereka belum kuat sehingga mudah lelah ketika dihadapkan dengan perjalanan. Hasilnya, bila rasa itu menjelang, anak-anak kita yang manis dapat saja berubah menjadi penebar terror melalui tangisan, dan rengekan mereka. Ketika ini terjadi, bujukan dan kudapan sudah pasti tidak akan meredakan tangisan mereka. Ujung-ujungnya, konsentrasi Anda mengemudi akan terganggu.

Tentunya ada banyak cara untuk menghindari scenario buruk itu terjadi. Salah satunya dengan mengaplikasi perangkat audio dan video (AVI) yang mampu menghadirkan keceriaan di dalam kabin mobil sepanjang perjalanan. Sayangnya, tidak semua manufaktur mobil menyediakan perangkat AVI terkini dengan fitur-fitur hiburan memadai.

Akhirnya, guna mencairkan kepenatan, perangkat AVI aftermarket dengan fitur terkini menjadi salah satu pilihan menarik bagi pemilik. Perangkat AVI tersebut tidak perlu mahal, yang penting memiliki fitur-fitur terkini. Alhasil, anak-anak dapat menikmati alunan musik kesukaan mereka, menonton film kartun hingga memainkan konsol game di dalam mobil.

SESUAIKAN DENGAN MOBIL ANDA

Sesuaikan jenis perangkat audio dengan mobil jenis Anda. Jika mobil Anda berjenis sedan, atau hatchback, sebaiknya memakai head unit indash 2 DIN yang memiliki kemampuan untuk memutar DVD, MP3, VCD, CD, dan MP4.

“Tidak usah memasang head rest monitor, karena kabin mobil yang kecil sehingga penumpang belakang masih dapat menikmati tampilan gambar di layar monitor indash,” papar Akang, instalatur ahli dari Dharma Audio, Mangga Dua.

“Meskipun tidak ada salahnya memasang head rest monitor di mobil sedan, pemakaian head rest monitor dan roof monitor akan lebih optimal jika Anda memakai mobil berjenis MPV atau SUV dengan konfigurasi tempat duduk yang banyak,” imbuh pria yang juga memiliki restoran seafood Kampoeng Nelayan, di bilangan Mangga Dua.



Akang, instalatur Audio dari Dharma Audio mengatakan, “Trend AVI amatlah cepat
berputar, apa yang menjadi trend saat ini dalam sekejap tergantikan dengan trend baru. Anda harus tahu untuk apa perangkat itu Anda beli. Apakah untuk modifikasi penuh, ataukah hanya untuk memberikan rasa nyaman sepanjang perjalanan. Mengingat trend yang cepat berputar, sebaiknya Anda tidak perlu membeli perangkat yang mahal. Anda dapat memilih head unit buatan China.”

“Head unit made in China telah banyak yang memiliki kualitas bagus. Tapi, Anda harus memilih yang harganya tidak terlalu murah. Prinsip ada harga, ada kualitas tentu masih berlaku. Apalagi untuk produk audio lansiran China,” imbuhnya.


PRODUK PILIHAN


Lalu, bagaimana memilih produk yang tepat untuk mobil kita? Untuk head unit indash, jangan pilih yang motorized. Lebih baik pilih fix panel. Kenapa? Karena sering macet. Utamanya merek China yang berharga murah. Sama seperti headrest monitor, pilih yang bergaransi seperti Rodek RD69 KI yang bisa memutar tv, DVD, USB, SD, iPod, Bluetooth, kamera mundur, touch screen, remote kemudi dan harganya ada di kisaran 2,8 juta saja.

Jika Anda fanatik dengan merek terkenal, pilihlah Pioneer AVH4250. Pun demikian, fiturnya tidak selengkap buatan China, namun tahan lama. Harganya juga cukup mahal, di kisaran Rp 6,7 jutaan.

Sementara untuk headrest monitor, secara umum terbagi dua. Pertama adalah headrest monitor yang dapat berfungsi sebagai player, dan kedua adalah yang tidak dapat berfungsi sebagai player.

Dari jenisnya, headrest monitor yang mampu memutar cakram padat tidak akan menyita perhatian Anda. Si kecil akan dengan leluasa memilih film kesukaan mereka dan menggantinya sendiri, tanpa harus melibatkan Anda. Hal yang berbeda jika Anda hanya mengaplikasi headrest monitor tanpa pemutar cakram.

“Anda dapat memilih Rodek RDU-70008D. Produk ini memiliki layar 7 inci, yang mampu memutar DVD, hingga file MP4. Produk buatan China ini sudah dilengkapi dengan teknologi canggih dan bergaransi 1 tahun. Instalasinya mudah, dan kualitasnya terjamin. Harganya hanya berada di kisaran Rp 3,5 jutaan,” jelas Akang.

Selain kedua jenis perangkat hiburan tersebut, Anda juga dapat memilih roof mount monitor. Sesuai namanya, monitor ini diletakkan di plafon mobil kita. Pilihannya pun beragam, mulai dari merek buatan China hingga Jepang. Pun demikian, apapun pilihan Anda,

Memaksimalkan hiburan yang Ada di kabin, Anda juga dapat menginstalasi konsol game ke dalam kabin mobil. Langkah ini kami jamin menjadi senjata pamungkas menghilangkan kejenuhan pada anak. Caranya pun mudah saja. Pertama pastikan Anda membawa mobil ke instalatur kepercayaan.

Kedua, pastikan Anda menebus sebuah inverter untuk mengubah arus DC menjadi AC. Ada banyak jenis inverter dijual di pasaran dengan pilihan watt yang dapat Anda pilih. Namun, jika konsol game telah terpasang, sebaiknya jangan biarkan Anak Anda bermain terlalu lama. Mengapa? Takutnya anak menjadi mual dan masalah Anda menjadi bertambah.


Perawatan:

1.Cakram padat harus dalam kondisi prima. Scratch dapat merusak optik DVD.
2.Jangan pilih cakram yang memiliki tempelan kertas. Jika panas, lem pada cakram akan lumer dan kertas akan tersangkut di dalam player.
3.Rawat klip player jika headrest monitor telah dilengkapi dengan player. Jangan biarkan si kecil bermain dengan tutup player itu.


No comments:

Post a Comment