Wednesday, June 24, 2009

I custodi del Mito (Penjaga Mitos)


Bagi pecinta Ferrari, Maranello dapat dikatakan sebagai kota suci yang patut diziarahi setidaknya sekali seumur hidup. Di kota inilah Enzo Ferrari, menciptakan mobil dan mesin yang kini menjadi legenda karena kehebatannya. Karena itu pula Maranello kemudian dikatakan sebagai Citta Della Ferrari atau the city of Ferrari.

Sebagai kota Ferrari, maka yang menjadi daya tarik di kota ini adalah segala sesuatu yang berbau Ferrari. Inilah yang kota Maranello jual. Tak heran jika Anda melihat leaflet wisata kota Maranello, maka tujuan wisata yang tertulis di dana adalah Il Monumento a Enzo Ferrari, atau monument to Enzo Ferrari, Monumen Kuda Jingkrak, Gedung perkantoran Ferrari, La Galleria Del Vento (terowongan angin Ferrari), hingga auditorium Enzo Ferrari.


Nah, ada satu gedung lagi yang dibuat untuk menjaga mitos kehebatan Ferrari di Maranello. Gedung itu dinamakan La Galleria Ferrari, I custodi del Mito, atau penjaga mitos Ferrari. Galleria Ferrari adalah museum Ferrari yang didirikan tahun 1990. Di gedung berlantai dua lantai inilah, perjalanan hidup Ferrari dilukiskan dengan deretan memorabilia Ferrari mulai dari beragam mobil balap yang pernah dipakai oleh para pembalap ternama Ferrari seperti Gilles Villenuve, Froilan Gonzales, Rubens Barrichello, Michael Shumacher, hingga Kimi Raikkonen. Hingga beragam informasi sejarah terpapar dengan rapih di dinding museum, termasuk piala-piala yang pernah diraih Ferrari

Lantai atas Galleria Ferrari didedikasikan untuk pencapaian Ferrari. Di sini kita bisa melihat model-model eksperimental macam 550 Barchetta Pininfarina, dan F50, mobil-mobil F1 masa lalu beserta mesinnya, transmisi F1, dan pencapaian teknologi lainnya yang dipaparkan sesuai dengan urutan waktu. Daya tarik lainnya di Galleria Ferrari adalah amphitheater, di mana berada dua buah F1 driving simulators.

Selepas lelah menyusuri lorong waktu sejarah Ferrari, maka Anda dapat melepas dahaga di sebuah cafĂ© yang berada di dalam Galleria dan membeli souvenir khas Ferrari mulai dari gantungan kunci, baju hingga die cast. Namun, untuk masuk kesana Anda harus merogoh kocek sebesar €12 untuk dewasa, anak-anak 6-10 tahun €8. Jumlah ini sepadan dengan pengalaman yang Anda akan bawa pulang ke Tanah Air.


Galleria Ferrari: Via Dino Ferrari, 43 I-41053 Maranello.





No comments:

Post a Comment