Memanfaatkan 'Indonesia-Japan Economic Partnership
Agreement' (IJEPA), Agen Pemegang Merek (APM) mulai berani menjual MPV mewah
dengan banderol yang sangat bersaing dengan Importir Umum (IU). Apalagi APM menjanjikan
performa yang lebih baik untuk garansi, jasa perawatan, dan ketersediaan
komponen. Keunggulan inilah yang ditempuh oleh Nissan Motor Indonesia dengan
meluncurkan Elgrand dengan harga Rp 860 juta untuk versi 'top of the line,
Highway Star.' Hal ini jelas mencuri perhatian peminat Alphard yang dibanderol
Rp 1,034 miliar. Perbedaan utama antara Elgrand dan Alphard, hanyalah pada
pengaturan kursi baris ke dua. Alphard punya pengaturan jok elektrik, sementara
Elgrand hanya manual. Tapi, Elgrand dijual lebih murah +/- Rp 140 juta.
Dari dimensinya, Elgrand mengusung tubuh yang lebih besar ketimbang pendahulunya, dengan panjang 4.915 mm dan lebar 1.850 mm. Sedangkan tingginya berkurang 95 mm menjadi 1.815 mm. Sementara Alphard memiliki panjang 4.850 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.890 mm. Ini berarti Elgrand lebih panjang dan lebih lebar dari Alphard.
Elgrand juga memiliki mesin yang lebih besar dari Alphard.
Memakai mesin VQ35DE berkapasitas 3.498 cc memiliki konfigurasi V6. Di atas
kertas, diklaim menyuguhkan tenaga 276 hp dan torsi 344 Nm. Inilebih besar dari
Alphard yang memiliki mesin berkapasitas 3.456 cc dengan tenaga sebesar 275 hp
dan torsi 340 Nm.Sedangkan transmisi menggunakan CVT (continuously variable
transmission) yang dipadu pilihan mode semi manual 6-speed.
Ketika mengakses kabin, kami akui beginilah seharusnya
sebuah Luxury MPV. Keyless, panel kayu, material kulit pada lingkar kemudi,
jok, door trim hingga tuas transmisi dan bahkan jok pengendara menganut setelan
elektrik serta pemanas jok. Sehingga pengendara dan penumpang depan mendapat
kenyamanan sepanjang perjalanan.
Duduk di balik kemudi, memang seperti berada di kendaraan
besar. Ternyata, kami terpesona dengan ringannya lingkar kemudi. Bahkan kami
dapati begitu lincah berada di kondisi parkiran yang sempit yang nyatanya
radius putar 5,7 meter. Kaca depan yang lebar dan posisi pilar A, dibantu spion
kiri bantuan membuat kami tak khawatir memposisikan di parkiran sempit.
Sedangkan jok baris kedua mengaksesnya melalui pintu geser
buka tutup otomatis. Di sana lengkap beragam tempat penyimpanan dan penyejuk
individual, disajikan captain seat layaknya penerbangan first class dan
menyediakan ruang kaki hingga 520 mm. Jok baris ketiga walaupun tanpa foot
rest, tersedia beragam tempat penyimpanan dan ruang kaca pandang cukup luas.
Apabila kaca film masih belum bisa menghadang silaunya
matahari, pada kiri-kanan penumpang baris dua dan tiga terdapat tambahan kain
tabir surya sehingga intensitas sinar matahari yang masuk bisa lebih diredam,
sekaligus menambah privasi selama di dalam kabin. Tersedia 18 cup holder di
dalam mobil ini yang bisa menampung minuman kesukaan Anda.
Tak perlu tenaga besar untuk membuka pintu dan menutup bagasi, cukup dengan menekan tombol. Begitupula saat membawa barang lebih banyak, Elgrand memiliki ruang khusus di bawah dek. Apabila ruang bagasi tidak mencukupi untuk barang bawaan. Anda bisa melipat bangku baris ketiga secara otomatis melalui tombol di ruang bagasi.
Mengaktifkan audio lansiran Bose 5.1 Surround Sound System dengan
dua belas speaker dipadu melalui layar sentuh 11 inci yang dapat
mengaplikasikan deretan fitur mulai dari layanan audio/visual DVD dan CD
player, serta koneksi untuk iPod ataupun USB. Mengakses hiburan melalui USB
terbilang cepat dan kami sempatkan menyaksikan beberapa video format mp4 dan
musik mp3. Elgrand tak menyematkan audio kontrol pada lingkar kemudi, tapi
seluruh tombol sangat ergonomis diraih pengendara di bagian dashboard.
Kami sangat menyukai perlengkapan keselamatan di Elgrand
ini, karena telah dintegrasikan enam SRS airbag. Di antaranya dua buah di
dashboard depan, dua buah di sandaran jok depan samping dan dua di jendela
samping. Adapun pendukung standar deselerasi sudah ada ABS (Anti-locking Brake
System) + EBD (Electronic Brake Distribution), TCS (Traction Control System)
dan VDC (Vehicle Dynamic Control).
Melirik ruang mesin, dapur pacu yang sama digunakan pada
Nissan Murano, menghasilkan tenaga 276 hp pada 6.400 rpm serta torsi puncak
mencapai 344 Nm pada 4.400 rpm. Wajarlah bila kami tak perlu ambisius menyalip
kendaraan di depan, sebab secara spontan tenaga tersalur sempurna. Bisa
dibilang performa yang memadai untuk ukuran Luxury MPV. Konsumsi bahan bakar
dalam kota didapatkan 6 kpl, sedangkan tangki bahan bakar penuh 73 liter.
Memainkan transmisi manual mode enam percepatan akan membuat
pergerakan Elgrand begitu bersemangat. Tak kami temui sentakan berarti setiap
perpindahan transmisi sehingga penumpang tetap nyaman saat bergegas. Bahkan
pengendalian yang ringan saat kecepatan tinggi dan di kecepatan rendah, seakan
kami melupakan dimensinya.
Suspensi MacPherson Strut pada depan dan Multi-link pada
belakang berperan besar dalam meredam guncangan ketika mobil melahap permukaan
jalan yang tidak rata. Melewati tikungan tajam memang masih kami rasakan
pergerakan ke samping, tapi hal itu tidak menjadi masalah.
No comments:
Post a Comment