Sunday, August 5, 2012

TEST DRIVE FORD FIESTA SEDAN


Pernahkah Anda jatuh cinta? Masih ingat rasanya? Hehehe...sangat menyenangkan bukan? Semua terasa indah dan pas. Tiada cela. Seperti itulah kesan yang saya dapatkan selepas menguji Ford Fiesta Sedan, beberapa waktu lalu. Bagi saya, Ford Fiesta Sedan begitu pas di hati. Saya suka parasnya. Ford Fiesta Sedan terlihat bagai seorang gadis berwajah polos tanpa make up tebal. Tapi justru disitulah kelebihannya. Daya tariknya bagitu alami. Menurut Martin Smith, kepala desain Ford of Europe, Fiesta didesain untuk selalu tampak dinamis. “Bahkan saat sedang berhenti pun mobil tampak seperti sedang berjalan,” tutur Martin Smith. Pun demikian, saya tidak suka bentuk buritannya yang terlihat seperti "nungging". Pasalnya, desain semacam ini mengurangi daya pandang ke belakang.

 


Saya juga menyukai respon mesin Duratec 1,6 liter bertenaga 120 hp, dengan torsi 152 Nm, serta dibekali dengan teknologi Ti VCT. Termasuk transmisi canggih dual clutch 6-speed PowerShift. Fiesta adalah satu-satunya small sedan yang menggunakan transmisi cerdas ini di kelasnya. Perpindahan gear tanpa jeda menjadi kelebihannya. Hasilnya tak ada lagi rasa tersendat-sendat saat hendak mengganti gear. 

Lalu, saya juga jatuh cinta pada pengendaraan dan kestabilannya. Ditopang oleh suspensi MacPherson strut di depan, sementara suspensi semi independen twist beam dengan coil spring menopang di bagian belakang, bantingan suspensinya agak keras tapi masih bisa ditoleransi oleh pinggang kita. Selain itu, pengaturan suspensi yang semi sport menjamin pengendalian mobil tetap optimal. Apalagi Fiesta Sedan sudah dilengkapi sistem kemudi dengan Electronic Power Steering yang tidak akan membebani kinerja mesin layaknya power steering hidrolis.

Ford Fiesta sedan dijual Rp 244.250.000, dan dilengkapi fitur keselamatan serta kenyamanan lengkap. Mulai dari pengaturan dengan voice command, koneksi bluetooth, hingga peranti keselamatan aktif semacam Electronic Stability Program serta Hill Launch Assist yang akan mencegah mobil bergerak mundur saat mulai melaju di jalanan menanjak. Fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh semua kompetitornya.

Bagaimana dengan interiornya? Pada Fiesta Sedan 1.6 S, jok telah terbungkus kulit dengan material dashboard yang biasa saja. Fitur kelengkapan pun tetap sama. Head unit yang mampu memutarkan CD, mp3, serta mampu berintegrasi dengan iPod dan memiliki kemampuan konektifitas bluetooth untuk menunjang kebutuhan komunikasi Anda.

UJI JALAN
Berbekal mesin 120 hp, Fiesta sedang memiliki performa di putaran bawah yang baik. Apalagi responsivitas transmisinya juga menyokong maksimalnya performa Fiesta. Setelah jarum takometer melewati 2.000 rpm, putaran mesinnya terasa ringan, dan antusias merespon keinginan pengemudi.

Di bagian inilah Fiesta Sedan menunjukkan jati dirinya sebagai pemimpin di kelasnya. Tidak ada yang mampu menyamai pengendalian dan rasa pengendaraan Fiesta sedan. Tidak Mazda2 sekalipun.

Suspensinya mampu meredam getaran dengan baik. Kebisingan diusir dari kabin, dan posisi duduk begitu nyaman. Kami tidak merasa kesulitan sama sekali mengendalikan mobil ini meliuk di kemacetan kota Jakarta, atau menembus jalan-jalan kecil di wilayah kota tua Batavia.

Demikian juga dengan rasa yang muncul di kemudi, seolah mampu menceritakan apa yang sedang dilakukan oleh roda depan. Bahkan perubahan bobot stir saat peningkatan kecepatan pun bisa terasa. Gejala understeer yang kerap dialami oleh mobil berpenggerak roda depan dapat dengan cepat diantisipasi berkat kemudi yang ‘perasa’ ini.

Pengendaraan pada kecepatan tinggi juga terasa hebat. Sekali lagi kemudi menunjukkan kehebatannya dengan semakin berbobot. Meskipun demikian, ketajaman reaksi kemudi tetap tidak berubah. Pada beberapa mobil, tingkat keakuratan kemudi pada kecepatan tinggi kerap berkurang sehingga membutuh­kan usaha ekstra, yang malah menjadi reaksi berlebihan, untuk melakukan manuver, dan ber­ujung pada hilangnya kendali.

KESIMPULAN
Kalau Anda merasa sudah waktu­­­­nya berganti mobil dari city car ke mobil yang lebih besar, maka kami sarankan Anda untuk mengambil small saloon. Salah satu kandidat yang bisa Anda pertimbangkan adalah Ford Fiesta Sedan 1.6 S ini, yang dihargai Rp 244.250.000. Dibawahnya tersedia Ford Fiesta Sedan 1.4 yang dibekali transmisi manual 5-speed seharga 214.750.000.

Kami angkat topi untuk pengen­dalian dan pengendaraannya dan konsumsi BBM-nya. Saat kami menguji Fiesta Sedan ke luar kota, rute yang dilalui adalah jalan tol yang disambung jalan luar kota yang berliku dan padat. Konsumsi bahan bakar rata-rata yang terca­tat adalah 15,6 km/liter. Di dalam kota Jakarta yang juga padat, tercatat konsumsi BBM rata-rata 8,2 km/liter.

No comments:

Post a Comment