Wednesday, April 1, 2009

Kencang dan Hemat

Semua perusahaan tuning mobil, selalu menggembar-gemborkan bahwa mobil racikannya adalah yang terhebat, dan tercepat. Tetapi, jarang dari mereka yang mengatakan mobil racikannya yang bertenaga itu hemat bahan bakar. Mengapa? Hahahahaha tentu saja tidak ada yang berani berkata demikian. Bukankah, mobil bertenaga identik boros bahan bakar? Ya, wajar saja jika kemudian tidak ada yang berani memakai jargon; mobil cepat tapi hemat!

Persepsi inilah yang coba diubah oleh AMG dengan mengeluarkan E63 AMG. E-class versi AMG memiliki mesin V8 berkapasitas 6.208 cc yang lebih bertenaga 11 hp dari pendahulunya (518 hp), dengan torsi 628 Nm. E63 AMG mampu melesat ke 100 km/jam dalam waktu 4,5 detik. Kecepatan puncak yang mampu dicapainya 248 km/jam. Mobil baru ini memakai gearbox seven-speed Speedshift MCT milik SL63. Gearbox baru ini lebih ringan dan lebih efisien ketimbang converter torsi di mobil lawas, sekaligus lebih responsif.

Transmisinya memiliki empat mode pengendaraan: Controlled Efficiency, Sport, Sport Plus, dan Manual. Dalam mode manual, sistem akan memindahkan gigi roda dalam 100 milidetik. Mode Controlled Efficiency gigi akan dinaikkan lebih cepat untuk menjaga rpm tetap rendah, dan mengoptimalkan efisiensi BBM. Untuk meningkatkan pengendaliannya, E63 AMG telah dilengkapi dengan sumbu roda depan dengan camber negatif yang lebih besar, track lebar (56 mm), control arms baru, stabilizer tubular, dan bearing roda yang telah direvisi. Sumbu roda belakangnya juga memiliki camber negatif yang lebih besar, dan subframe mounting untuk kestabilan ekstra.


Terdapat pula spring struts depan baru meningkatkan responsivitas, sementara air struts di belakang memiliki kontrol ketinggian otomatis untuk menjaga tinggi bagian belakang mobil tetap seimbang. Mercedes mengklaim, dengan adanya AMG Ride Control yang secara otomatis membuat karakteristik peredaman bervariasi, menjamin mobil ini menyenangkan baik saat dipacu di Autobahn, atau di sirkuit.

Visualisasi mobil ini semakin menawan berkat aplikasi velg alloy AMG 18 inci dengan ban 255/40 (depan), dan 285/35 (belakang). Tersedia pula velg opsional 19 inci. Wing depan mobil ini memiliki lebar 17 mm dan LED untuk siang hari, serta spoiler depan yang lebih agresif. Melengkapinya terdapat diffuser dan saluran buang alun-alun segi empat. E63 mulai dijual bulan September mendatang. oh iya, mobil ini meminum BBM 12 persen lebih sedikit dari pendahulunya dengan konsumsi BBM 7,8 km/liter.

No comments:

Post a Comment