Tuesday, April 21, 2009

Tata samai Ford T?



Sejak mulai dijual (perode 9-25 April silam), angka pemesan Tata Nano telah mencapai 500.000 orang. Kekuatan Nano adalah pada harganya yang berada di kisaran £1700-£2200. Target marketnya adalah keluarga golongan menengah ke bawah, yang mobilitas sehari-harinya memakai sepeda motor. Tujuannya cukup mulia: membuat mobil murah agar keluarga dari golongan menengah itu mampu memiliki mobil, dan dapat melindungi anggota keluarganya dari terpaan hujan dan angin.


Semangat ini pernah ditunjukkan oleh Henry Ford (founding father Ford Motor Company) dengan meluncurkan Ford T. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, para manufaktur Eropa dan Amerika tidak lagi menyasar pada produk berbasis wong cilik. Inilah yang menjadikan Ratan Tata (pemilik Tata) patut kita apresiasi positif. Bayangkan sebuah mobil yang harganya sangat murah, diperuntukkan untuk wong cilik. Sebuah mobil yang pantas dimiliki (walaupun fiturnya pas-pasan) namun, tetap terasa bagai sebuah mobil (bukannya bajaj tiga roda).

Mengapa Ratan Tata menghasilkan Tata Nano untuk masyarakat India? Ini ada kaitannya dengan kepadatan penduduk India dan tingginya pengguna kendaraan roda dua di India. Akhirnya, keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan dua anaknya tumplek blek jadi satu di atas motor, merupakan pemandangan yang jamak di India. Kini mereka bisa mengubah keadaan itu dengan membeli Tata Nano. Formulir pemesanan telah terkirim dari 30.000 lokasi seputar India. Dan mereka harus menambah £2 untuk mendapatkan formulir itu. Sukses buat Tata.

No comments:

Post a Comment