Wednesday, April 8, 2009

X5 M dan X6 M Kontroversial

Inilah dua produk M paling kontroversial di dunia: X5 dan X6 M. Kontroversial karena inilah SUV pertama racikan M, dan merupakan SUV tercepat. Kedua mobil berpenggerak empat roda ini (AWD), adalah pertanda penetrasi merek M di teritori baru. Selama ini M identik dengan saloon dan coupe ultra-cepat. Kedua mobil ini dipersenjatai dengan mesin V8, 4,4 liter, twin-turbo, terbaru yang mampu menghasilkan tenaga 547 hp antara 5.750 rpm dan 6.000 rpm. Torsi puncak sebesar 676 Nm telah tersaji antara 1.500 rpm dan 5.650 rpm. Dua turbocharger di M TwinPower diposisikan bersama dengan catalytic converter antara dua baris silinder.

BMW mengatakan, lay out seperti ini memiliki respon yang lebih baik. X5 dan X6 M mampu berakselerasi 0-100 kpj dalam 4,7 detik, serta tidak akan berhenti hingga mencapai 248 km/jam (limiter). Masih kurang kencang? Usah khawatir, beli saja paket opsional M, maka Anda bisa memacu kedua kuda besi ini hingga 273 km/jam!

Mengimbangi performanya yang ganas, terdapat saluran udara besar di bumper depan, dan lubang udara berbentuk "insang" di sayap depan, dan knalpot persegi empat di belakang. Di dalam kabinnya, terdapat lingkar kemudi bermerek M dan jok berlapis kulit.


X5 dan X6 M memiliki Dynamic Performance Control yang mengatur distribusi tenaga antara dua ban belakang untuk memberikan akselerasi yang baik saat keluar dari tikungan. BMW mengklaim kedua mobil ini tidak akan drift.

Seperti model M lainnya, jika Anda menekan tombol M Drive maka launch kontrol akan aktif. Mode performance akan menyala. Pun halnya dengan DSC dan EDC. Keduanya memakai transmisi otomatis 6-speed, yang dapat dipilih secara manual dengan paddle shift di belakang kemudi. Kedua mobil ini memiliki teknologi EfficientDynamics dengan fitur brake energy regenation, dan konsumsi BBM-nya 7,1 km/jam.

No comments:

Post a Comment