Monday, April 9, 2012

PENGHANCUR E65?

Apa rasanya mesin V8 4,4 liter dengan turbo ganda, yang dipasangkan pada sebuah sedan eksekutif? Jujur kami belum tahu untuk yang satu ini, karena kami hanya pernah mencoba saloon 'gila' Mercedes-Benz E65 AMG yang membuat kami terpukau hingga berhari-hari. Tapi kami bisa pastikan bahwa mobil tandingan E65 tersebut telah hadir di Indonesia dan disebut BMW M5, yang diperkenalkan secara resmi di Senayan City, Jakarta, 4 April 2012.


Inilah, generasi kelima dari BMW M5, yang mendapatkan banyak pujian dari media luar negeri, termasuk Autocar Inggris. Mesin M5 terbaru sanggup menelurkan 560 hp dengan torsi 680 Nm atau 10 persen lebih besar dari generasi sebelumnya, dan lebih kuat dari lawannya, Mercedes-Benz E65 AMG. Kombinasi angka tersebut membuat akselerasi 0-100 kpj dicapai dalam 4,4 detik saja.


Meskipun demikian, BMW mengklaim bahwa konsumsi BBM-nya bisa mencapai 10,1 kpl dengan emisi 232 g/km, atau 30 persen lebih irit dari generasi yang digantikannya. Konsumsi BBM yang terbilang irit tersebut didapat dari penggunaan teknologi EfficienDynamics plus fitur auto-start/stop serta penggunaan transmisi 7-speed 'Drivelogic'. Selain itu, perubahan juga merambah pada chassis dan bodi, demi mengakomodir penambahan performa.


Menurut Ramesh Divyanathan, Presdir BMW Group Indonesia, "Dibangun dengan mempertahankan tradisi model pendahulunya, BMW M5 terbaru sekali lagi menciptakan performa yang terbaik untuk sebuah mobil sedan. Ini bukan hanya karena M5 mengusung teknologi canggih dan memiliki pengendaraan yang luar biasa, yang merupakan ciri khas mobil-mobil BMW M, tapi juga karena mobil ini sanggup memenuhi aspirasi pecinta mobil sport dan memadukannya dengan sebuah saloon premium." Harganya? Murah kok...hanya Rp 1.998.000.000 (OFR Jakarta).

No comments:

Post a Comment