Friday, June 28, 2013

Toyota Kirim Robot Ke Antariksa

Toyota mengumumkan tanggal peluncuran robot astononot mereka ke International Space Station (ISS). Kirobo -nama robot itu- direncanakan meluncur dari Tanegashima Space Centre menumpang Kounotori 4 cargo tanggal 4 Agustus 2013

Robot menuju antariksa? Gambaran semacam ini tentu sangat familiar di film kartun anak-anak. Tapi kini, gambaran itu akan menjadi kenyataan. Kirobo, robot yang dikembangkan di bawah Kibo Robot Project, sebuah proyek gabungan antara University of Tokyo’s Research Centre for Advanced Science and Technology (RCAST), Robo Garage Co., Toyota Motor Corporation, dan The Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), akan menuju antariksa. Tidak hanya beranjangsana ke antariksa, Kirobo, satu dari dua robot yang mampu berkomunikasi dengan manusia ini, akan bercakap-cakap secara langsung dengan astronot Jepang bernama Koichi Wakata. Pengiriman robot ke luar angkasa ini sekaligus menunjukkan arah pengembangan teknologi maju Toyota Motor Corporation. Arah dimana robot akan semakin dimanfaatkan untuk memudahkan kerja manusia. Tidak hanya di luar angkasa, tapi juga di mobil masa depan Toyota.


Agar dapat berkomunikasi dengan baik, RCAST dan Robo Garage mengerjakan pengembangan perangkat keras robot, dan gerakan mekanikal Kirobo. TMC berkontribusi dengan teknologi terbaru mereka dibidang perangkat lunak voice recognition, sementara Dentsu Inc. menciptakan isi percakapan sekaligus manajemen proyek ini. Hasilnya, diharapkan Kirobo mampu merespon percakapan secara sempurna.

Wahana angkasa Kounotori akan diluncurkan di Japanese H-IIB Launch Vehicle No. 4 (H-IIB F4) pada 4 Agustus 2013. Kirobo akan diturun di ISS dan menunggu kedatangan astronot Jepang Koichi Wakata yang dijadwalkan tiba di Expedition 38 antara bulan November dan Desember. Sementara itu, Wakata akan menjadi komandan ISS pertama berkewarganegaraan Jepang ketika dia melanjutkan misi Expedition 39 di 2014. Di dalam modul eksperimen Kibo, Komandan Wakata akan melakukan percakapan pertama antara robot dan manusia di luar angkasa.

No comments:

Post a Comment