Thursday, March 19, 2009

Geneva Motor Show
Iosis, Focus Masa Depan

Ingin tahu bagaimana wajah Ford Focus masa depan? Simaklah wajah Ford Iosis Max melalui foto yang saya pajang di artikel ini. Iosis yang dibuat dalam bahasa desain kinetis, dipahat dengan sudut-sudut tajam yang aerodinamis, grille berlubang udara besar menyatu dengan bumper, dan lampu bertipe LED mengisi rumah lampunya.

Uniknya, jika kita menggunakan Iosis di siang hari, bagian transparan biru di dalam rumah lampu, dapat menciptakan bentuk 'bulu mata'. 'Lentikan bulu mata' ini, mengelilingi bagian LED yang menjadi 'bola mata' Iosis. Melengkapinya, dipasang lampu kabut LED di bagian bawah bumper.


Menariknya lagi, dari segi desain dan rekayasa, Iosis berhasil menyembunyikan dua pintu belakangnya secara rapih. Tak heran jika kita simak fotonya, tidak tampak gagang pembuka pintu belakang. Lantas bagaimana jika Anda ingin duduk di jok belakang Iosis? Pertama, buka pintu utama (pintu depan), lalu dorong pintu penumpang ke arah belakang. Voila , Anda pun bisa masuk dengan mudah. Rekayasa pintu geser ini sangat kreatif, bukan?

Rekayasa rancang bangun Iosis membuatnya tidak memerlukan keberadaan pilar-B sebagai penyangga bagian tengah atau pintu samping belakang. Untuk memegang pintu geser Di bagian belakang, pilar-C Iosis dilengkapi dengan penyangga yang disebut Ford 'flying buttress'. Sementara itu, mekanisme bukaan bagasi dan kaca belakang Iosis serupa dengan Ford Escape yang beredar di Indonesia. Di Iosis, Anda bisa membuka kaca belakang tanpa perlu membuka pintu bagasi.

Bagaimana dengan mesinnya? Untuk dapur pacu Focus masa depan ini, Ford membenamkan mesin EcoBoost 1,6 liter bertanaga 180 hp. Sesuai namanya, mesin ini ramah lingkungan, dan efisien. Tenaga yang dihasilkan mesin ini dialirkan ke roda depannya melalui transmisi dual clutch.

No comments:

Post a Comment