Tuesday, March 3, 2009

Lebih Besar dan Bersahabat

Inilah foto generasi kelima dari Volkswagen Polo. Polo terbaru ini dilansir di Geneva motos show 2009, dan memiliki gaya yang terinspirasi dari VW Scirocco, dan Golf Mk6.

Dari segi dimensi, Polo lebih besar dan sportif dari model sebelumnya (lebih panjang 36 mm dan lebar 32 mm). Perubahan dimensi ini dikarenakan Polo berbasis sama dengan Seat Ibiza terbaru, dan Skoda Fabia.

Penambahan dimensi ini ditranslasi menjadi kabin yang lebih luas dan besar ketimbang model terdahulunya. Dan meskipun mobil ini 13 mm lebih rendah dari pendahulunya, VW mengklaim headroomnya justru tambah tinggi. Ruang bagasi juga diperbesar. Kini, tanpa melipat jok belakang, dia memiliki volume 280 liter. Sementara jika jok dilipat, maka ruang bagasinya mencapai 952 liter.

Polo dilansir dalam pilihan mesin 1,2 liter, tiga silinder bertenaga 58 hp atau 68 hp. Kedua model ini diklaim memiliki konsumsi bahan bakar 17,85 km/liter. Mesin yang ekonomis ini, disandingkan dengan pilihan transmisi manual 5-speed.



Tersedia pula pilihan mesin 1,6 liter common rail TDI diesel, dengan limpahan tenaga mencapai 73 hp dan 87 hp. Mesin ini disandingkan dengan transmisi manual 5-speed (standar), dan kedua model ini memiliki konsumsi bahan bakar 23,4 km/liter dan emisi CO2 109g/km.

Selain kedua model tersebut, Volkswagen juga mengeluarkan versi sangat ekonomis dari Polo. Versi ekonomis ini mengandalkan teknologi BlueMotion, termasuk aplikasi gear tiga empat dan lima yang lebih panjang untuk menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat ketimbang versi TDI. Hasilnya tidak mengecewakan. Versi hemat ini memiliki konsumsi bahan bakar mencapai 25,9 km/liter, dengan emisi CO2 96g/km.

Tak cukup sampai di situ, VW juga menggunakan Geneva untuk menampilkan generasi masa depan dari VW Polo. Polo masa depan ini diklaim sebagai eco-Polo karena memiliki konsumsi BBM 29,7 km/liter dengan emisi CO2 mencapai 87g/km. Kabarnya, mobil ekonomis ini akan keluar tahun 2010.

No comments:

Post a Comment