Tuesday, February 10, 2009

Amankah Mobil Anda?


Keselamatan berkendara adalah idaman semua orang. Namun, tidak semua mobil aman untuk dikendarai. Pilihan dari IIHS mungkin dapat menjadi referensi.


Mobil yang aman dan nyaman dikendarai pastilah menjadi idaman semua orang. Akan tetapi, tidak semua mobil mampu mengakomodir hal tersebut. Kalaupun bisa, harga mobil yang aman pasti menjulang tinggi. Akhirnya, tidak semua orang mampu membelinya. Walaupun demikian, penyadaran dan kampanye akan pentingnya mobil aman harus terus digaungkan. Inilah tujuan The Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), Amerika Serikat, melakukan tes dan memilih mobil-mobil aman setiap tahunnya. Dan karena kesadaran itu pula saya menyajikan tulisan ini. Happy reading people!


Sekilas IIHS

The Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), adalah sebuah lembaga asuransi Amerika Serikat (AS) yang setiap tahun melakukan tes terhadap mobil-mobil yang dipasarkan di AS. Standar pengujiannya berbeda dengan NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration). Meski berbeda, tujuan sama yakni mencari mobil apa yang paling melindungi penumpang saat terjadi tabrakan dari depan, samping, dan belakang. Pemenang juga harus dilengkapi dengan Electronic Stability Control (ESC). “Tes tabrakan kami buat semirip mungkin dengan tabrakan yang mungkin terjadi di dunia nyata,” sebut Adrian Lund, presiden institute ini.


Tak mudah untuk menang

Institute merating kendaraan dalam pilihan good, acceptable, marginal, atau poor berdasarkan performa saat tabrakan dari depan dan samping ditambah evaluasi terhadap jok/head restraint untuk perlindungan terhadap cidera leher ketika terjadi benturan dari belakang.


Lalu bagaimana kendaraan dievaluasi?

Evaluasi yang dilakukan The Institute berdasarkan pada tes tabrakan depan dengan kecepatan 65 km/jam. Tiap kendaraan dinilai berdasarkan pengukuran dari kerusakan yang ditimbulkan terhadap ruang kabin kendaraan, pengukuran cedera diambil dari Hybrid III Dummy sebagai pengganti pengemudi, dan analisa dari hasil rekaman kamera. Tujuannya untuk melihat bagaimana sistem sandaran kepala mengontrol pergerakan dummy selama pengujian.


Evaluasi sisi samping keseluruhan tiap kendaraan, didasarkan pada performa tes yang dilakukan dengan menabrakkan penghalang (barrier) ke bagian samping kendaraan dengan kecepatan 49,6 km/jam. Penghalang tersebut merefleksikan bagian depan sebuah pick up atau SUV. Rating menggambarkan cidera yang terekam pada dua instrumen yang dipasang pada SID-IIs dummy, juga pengukuran perlindungan terhadap kepala, dan performa struktural kendaraan selama pengujian.


Pengukuran cidera didapat dari dua dummy yang ada di posisi pengemudi, dan satu lagi di belakang pengemudi. Pergerakan dan kontak dari kepala dummy selama benturan juga dievaluasi.Proteksi terhadap benturan dari belakang ditetapkan dengan dua langkah prosedur. Poin awal dengan mengukur geometri sandaran kepala – tinggi sandaran, dan jarak antara sandaran dengan bagian belakang kepala. Jok yang memiliki geometri sandaran kepala baik ataupun sedang, di uji secara dinamis menggunakan dummy dengan mengukur tekanan yang diterima oleh leher.Simulasi uji benturan ini dengan keadaan kendaraan diam, dan dibenturkan di bagian belakang dengan kecepatan 32 km/jam.


Dari hasil uji tersebut maka kendaraan yang berhak menjadi Top Safety Pick untuk tahun 2009 adalah:

Large cars
Acura RL, Audi A6, Cadillac CTS, Ford Taurus, Lincoln MKS, Mercury Sable, Toyota Avalon, Volvo S80

Midsize cars
Acura TL, TSX, Audi A3, A4, BMW 3 series, 4-door, Ford Fusion with optional ESC, Honda Accord, 4-door, Mercedes C class, Mercury Milan with optional ESC, Saab 9-3, Subaru Legacy, Volkswagen Jetta, Passat

Small cars
Honda Civic, 4-door with optional ESC (except Si), Mitsubishi Lancer with optional ESC, Scion xB, Subaru Impreza with optional ESC, Toyota Corolla with optional ESC, Volkswagen Rabbit 4-door, Minicar, Honda Fit with optional ESC

Midsize convertibles
Saab 9-3, Volkswagen Eos, Volvo C70

Minivans
Honda Odyssey, Hyundai Entourage, Kia Sedona

Large SUVs
Audi Q7, Buick Enclave, Chevrolet Traverse, GMC Acadia, Saturn Outlook

Midsize SUVs
Acura MDX, RDX, BMW X3, X5, Ford Edge, Flex, Taurus X, Honda Pilot, Hyundai Santa Fe, Veracruz, Infiniti EX35, Lincoln MKX, Mercedes M class, Nissan Murano, Saturn VUE, Subaru Tribeca, Toyota FJ Cruiser, Highlander, Volvo XC90

Small SUVs
Ford Escape, Honda CR-V, Element, Mazda Tribute, Mercury Mariner, Mitsubishi Outlander, Nissan Rogue, Subaru Forester, Toyota RAV4, Volkswagen Tiguan

Large pickups
Ford F-150, Honda Ridgeline, Toyota Tundra

Small pickup
Toyota Tacoma

No comments:

Post a Comment