Wednesday, February 4, 2009

Komitmen Hijau VW


Dahulu ada jargon yang mengatakan, jangan beli SUV karena akan mengeringkan kantung Anda. Wah-wah-wah…jargon ini memang ada benarnya. SUV atau sport utility vehicle, memakai mesin yang besar dan bertenaga, sehingga akan berdampak pada konsumsi bahan bakarnya. Nah, itu dahulu. Sekarang, enyahkanlah citra boros bahan bakar yang dibebankan kepada SUV. Mengapa? Karena saat ini telah banyak SUV yang dijejali teknologi untuk menghemat bahan bakar serta ramah lingkungan, dan salah satunya adalah Volkswagen Touareg V6 TSI hybrid.


Sesuai namanya, VW Touareg V6 TSI Hybrid akan mengkombinasikan mesin supercharger 3,0 liter TSI V6 bertenaga 328 hp dengan motor listrik 38 kw (51 hp) yang tenaganya bersumber dari baterai nickel-metal hydride. Di atas kecepatan 48 kpj, mobil ini akan berjalan dengan mesin listriknya saja. Volkswagen mengatakan, VW Touareg V6 TSI Hybrid akan menawarkan kekuatan maksimum dengan konsumsi bahan bakar yang minimum.


Fakta ini semakin dipertegas oleh klaim VW yang mengatakan, Touareg mampu berakselerasi ke 100 km/jam hanya dalam 6,8 detik. Lebih cepat dari mobil Anda kan? Angka ini dapat dicapai menggunakan fungsi Sport yang akan meningkatkan tenaga Touareg hingga 368 hp dengan torsi maksimal 519 Nm!


Touareg V6 TSI Hybrid menggunakan gearboks delapan speed, dan motor listriknya juga berfungsi sebagai motor starter untuk mesin bensinya. Memaksimalkan mesin ramah lingkungan yang diusungnya, mobil hybrid pertama VW ini lebih ringan 175 kg, berkat aplikasi komponen hybrid dan Torsen differential dalam sistem penggerak empat rodanya.


Diaplikasikan pula sistem stop-start yang akan membantu kita menghemat bahan bakar. Berbekal kesemua kelebihan yang telah saya sebut di atas, VW mengkalim konsumsi bahan bakar Touareg hybrid ini mencapai 11 km/liter (untuk rute kombinasi luar dan dalam kota). Sedangkan angka emisinya mencapai 210g/km. Mobil ini akan mulai dijual tahun depan.

Reza Erlangga

No comments:

Post a Comment