Tuesday, February 10, 2009

Memilih Perangkat Anti Maling


Setiap mobil rawan pencurian. Tapi bukan berarti kita pasrah saja terhadap kemungkinan mobil kita dicuri kan? Karenanya dibutuhkan peralatan keamanan untuk mencegah mobil kita kecurian atau setidaknya menghambat pergerakan dan keinginan maling untuk mencuri mobil kita.


Masalahnya, ada banyak perangkat keamanan yang beredar di pasaran dan kerap kali membingungkan kita. Itulah mengapa kami menurunkan tulisan ini. Nah, apa saja yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli parangkat keamanan mobil.


1. Tentukan dana Anda. Ada banyak peralatan keamanan mobil dijual di luar sana, mulai yang murah hingga yang mahal. Anda dapat membeli satu unit alarm pengaman atau satu paket sistem pengaman mobil terintegrasi.

2. Jangan hanya mengandalkan kepada perangkat keamanan standar keluaran pabrikan. Biasanya alat tersebut mudah sekali dilumpuhkan. Sebaiknya gunakan sistem pengaman tambahan untuk menunjang alat keamanan standar mobil Anda.

3. Gunakan steering wheel lock untuk menghambat daya gerak maling, meskipun mereka telah berhasil masuk ke dalam mobil Anda. Pilihlah yang berharga mahal. Karena biasanya pengunci berharga mahal memiliki kekuatan yang lebih baik ketimbang yang berharga murah. Sedikit berkorban demi keamanan tidak apa-apa bukan?

4. Kebisingan adalah kuncinya. Alarm adalah perangkat keamanan yang paling sering digunakan. Alat ini menjadi favorit karena mampu mengeluarkan suara yang bising hingga mengundang perhatian orang di sekitar mobil. Alarm banyak jenisnya, yang mampu mendeteksi gerak, pintu yang terbuka hingga benturan adalah yang paling umum.

5. Pasang alarm yang memiliki baterai cadangan. Jadi begitu maling memutuskan aliran listrik dari aki, alarm masih tetap berfungsi.

6. Gunakan immobilizer untuk mencegah mobil dinyalakan. Pastikan switch-nya terletak di lokasi rahasia yang hanya diketahui oleh Anda. Ada banyak alaram yang sudah memiliki fitur ini. Bahkan, di mobil-mobil terkini fasilitas ini sudah menjadi fasilitas standar.

7. Gunakan lebih dari satu perangkat keamanan untuk mengacaukan konsentrasi maling. Selamat mencoba.


Overall Things You’ll Need

Car Alarm.

Inginition Kill Switch.

Steering wheel lock.


Keamanan Ekstra

  1. Persenjatai pagar atau garasi Anda dengan kunci gembok yang kuat (banyak tersedia di ACE Hardware). Seperti halnya mobil, gunakan lebih dari satu gembok. Bisa Anda variasikan dengan memasang rantai yang jika dipotong akan menimbulkan suara yang berisik.
  2. Pasang kamera pengintai. Saat ini telah banyak kamera pengintai dengan harga tejangkau beredar di pasaran. Pasang di tempat yang terlindungi sehingga tidak mudah dilumpuhkan oleh maling berengalaman.
  3. Jika Anda penyayang anjing, binatang kesayangan Anda ini bisa disulap menjadi alarm hidup paling praktis di dunia. Sensitivitas anjing terhadap orang dan suara asing biasanya akan dibalas dengan gonggongan hebat yang bisa membangunkan Anda dan tetangga. Namun, tidak semua anjing mampu melakukan hal ini. Dibutuhkan jenis anjing tertentu (bisa Herder, Rotweiller, atau Doberman) dan latihan khusus untuk menyulap anjing Anda untuk menjadi satpam professional.
  4. Karyakan satpam. Jika Anda memiliki dana dan penghasilan yang cukup untuk menyewa satpam rumah, tidak ada salahnya melakukan hal ini. Pilihlah satpam dari yayasan pelayanan jasa keamanan karena lebih terlatih dan dapat dipercaya.
  5. Lingkungan yang baik adalah kuncinya. Sistem keamanan lingkungan (siskamling) yang terorganisir rapih dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, dapat membuat Anda tidur dengan lelap tanpa memikirkan banyak hal. Karenanya kesadaran menjaga keamanan lingkungan adalah langkah yang cukup murah untuk mengamankan harta benda Anda.

No comments:

Post a Comment