Tuesday, February 10, 2009

La belle Chevy


Di antara model-model klasik yang pernah dikeluarkan oleh Chevrolet, Bel Air adalah seri automobile yang paling popular di dunia. Ya, harus diakui Bel Air yang lahir tahun 1953-1975 adalah salah satu simbol kedigjayaan teknologi otomotif Chevrolet. Demam Bel Air pun melanda hingga ke pelosok Indonesia. Kunci keberhasilan Bel Air adalah pada desainnya yang memikat serta sentuhan teknologi mesin canggih saat itu.

1953–1957 Pada tahun 1953, Bel Air diciptakan sebagai model premium di jajaran produk Chevrolet. Pada 1955, Chevrolet memakai mesin V8 dan di desain dengan lebih indah. Bel Air muncul dengan fitur-fitur baru plus interior karpet, nuansa krom pada headliner atap, fender depan, rangka jendela dan velg. Model lebih dipertegas dengan penggunaan logo Bel Air berlapis emas. Bel Air keluaran tahun ‘55, ’57 dan khususnya tahun ’56 merupakan mobil Amerika yang paling dikenal sepanjang masa, sebuah contoh yang sangat diminati oleh penggemarnya (khususnya untuk model coupe dan convertible). Dari tahun 1955-57, produksi dari Nomad station wagon dua pintu dialokasikan ke seri Bel Air, meskipun bodi dan trimnya unik pada model tersebut.

1958
Bel Air kembali disempurnakan.

1959–1965: Mid-range model
Tahun 1959, Bel Air menjadi model Mid-level. Mulai tahun 1960, Bel Air dapat dengan mudah diidentifikasi dari pemakaian dua lampu belakang tiap sisinya. Bel Air memiliki pengerjaan interior dan eksterior yang lebih khas. Segala opsi dan aksesoris yang ada pada Impala juga terdapat di Bel Air.

1966–1975: Low-line model

Pada akhir tahun 1960 (bersamaan dengan pemunculan Caprice), Bel Air dan Biscayne merupakan pasar primer untuk konsumen Chevrolet. Mesin enam silinder dan transmisi manual tiga percepatan menjadi perlengkapan standar tetap hingga model tahun 1973. Transmisi otomatis menjadi pilihan tunggal pada Bel Air mesin V8 semenjak musim semi tahun 1971.
Hanya sekitar 1.400 mobil yang dibuat dengan mesin enam silinder segaris pada tahun 1973 dan tongkat transmisi terbaru yang terpasang pada model akhir tahun.

Semua Bel Air yang dibuat tahun 1974 dan 1975 memakai 350 two-barrel V8 dan transmisi Turbo-Hydramatic sebagai kelengkapan standar. Saat produksi Biscayne tidak dilanjutkan setelah tahun 1972, Bel Air diturunkan menjadi model Low-level. Model terakhir Bel Air untuk Amerika diproduksi pada tahun 1975. Chevrolet Kanada melanjutkan proyek Bel Air sebagai mobil dengan harga rendah hingga tahun 1981.

2002 Bel Air show car
Pada tahun 2002, konsep Bel Air convertible dimunculkan pada North American International Auto Show. Gayanya terinspirasi dari model legendaris tahun 1955-57 dan memiliki bentuk lampu belakang yang mirip dengan Ford Thunderbird. Akankah General Motors memproduksi mobil ini?

No comments:

Post a Comment