Tuesday, February 3, 2009

So long, Mr. Bangle...



Chris Bangle, chief design BMW akhirnya meninggalkan BMW dan industri otomotif, setelah 17 tahun berkarya bersama manufaktur asal Jerman ini. Kabar yang dilansir BMW, Selasa 3 Februari ini, amat mengejutkan dunia otomotif. Pasalnya, indikasi mengenai kabar kepindahan Bangle tidak pernah mengemuka sebelumnya. Bahkan, kita masih menikmati karya monumentalnya di BMW X6 dan Seri 7 terbaru.


Bangle yang terkenal akan desain kontroversial dan tidak biasa, seperti BMW X6 dan BMW Seri 7 generasi pertama, akan digantikan oleh Adrian van Hooydonk, yang saat ini menjabat sebagai head of design BMW. BMW menyatakan, Bangle yang juga bertanggung jawab mendesain Mini dan Rolls-Royce, meninggalkan BMW untuk mengejar keinginannya untuk berkarya dengan desainnya secara lebih luas lagi.“Christopher Bangle telah berhasil memberikan identitas yang abadi bagi merek BMW,” papar Klaus Draeger, chief development BMW. “Kontribusinya kepada perusahaan selama ini sangat luar biasa,” imbuhnya.

Meskipun kontroversial, karya-karya Bangle telah mendapatkan sukses secara komersial. Bahkan, efek desain flame surface yang pertama kali diterapkan pria berusia 52 tahun ini di desain Fiat coupe, BMW Seri 5, dan Z4, telah ditiru secara luas.


Van Hooydonk telah berkerja sama dengan Bangle untuk mendesain Progressive Activity Sedan, sebuah hatchback lima pintu yang memiliki desain serupa Seri 5 Touring, dan X6. konsep PAS akan dipertontonkan ke depan publik di ajang Geneva motor show, bulan Maret mendatang.

Reza Erlangga

No comments:

Post a Comment