Tuesday, February 10, 2009

Fit to Drive


Mengemudi membutuhkan fisik yang kuat dan stamina yang prima. Olah raga adalah salah satu solusi untuk membuat badan bugar. Simak tips ini.


Kelelahan (fatigue) adalah gejala yang dirasakan badan akibat kegiatan fisik yang melelahkan. Kelelahan dapat berbahaya saat melakukan pekerjaan yang memerlukan konsentrasi yang konstan, seperti mengendarai mobil. Saat orang kelelahan, dia dapat saja mengalami apa yang dikenal sebagai microsleeps.


Microsleeps adalah kehilangan konsentrasi sesaat. Gejalanya adalah seperti tertidur sesaat. Disinilah letak bahayanya. Bayangkan, ketika Anda sedang berkendara bersama keluarga dan hal ini terjadi. Anda tertidur/ hanya kehilangan konsentrasi sepersekian detik lalu tanpa disadari mobil melaju menghajar mobil lain. Tak hanya korban materi, namun jiwa dapat saja melayang.


Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan? Ya, badan yang mudah lelah saat mengemudi tentu akan mengganggu konsentrasi, dan kehilangan konsentrasi saat mengemudi dapat berujung pada kecelakaan lalu lintas. Akibatnya memiliki tubuh yang fit adalah mutlak bagi Anda yang setiap hari mengendarai kendaraan pribadi.


Agar tetap fit, tentu Anda butuh berolah raga. Karena dengan melatih bagian-bagian tubuh tertentu yang menunjang kegiatan berkendara, tidak hanya membuat badan lebih sehat, namun juga membuat kegiatan berkendara menjadi lebih aman dan nyaman. Latar belakang inilah yang membuat saya merancang latihan yang tepat bagi Anda yang ingin menguatkan otot-otot penunjang kegiatan berkendara.


Calf Extension: Latihan ini dilakukan untuk memperkuat otot betis (soleus dan gastrocnemius). Cara melakukan gerakan ini posisi kaki diluruskan tarsal dan metatarsalnya lalu lakukan gerakan menjinjit.

Latihan ini dilakukan karena mayoritas gerakan menekan pedal akselerator melibatkan otot soleus dan gastrocnemius. Dan dengan melakukan latihan ini, kaki menjadi lebih kuat dan tidak cepat lelah.


Biceps curl: Latihan ini dilakukan untuk memperkuat otot tangan. Seperti kita ketahui tangan memegang peranan penting saat mengemudi. Karenanya melatih otot tangan adalah mutlak.

Cara melakukan gerakan ini, posisi badan tegap, tangan lurus ke bawah ketika mengangkat beban tangan ditarik ke atas dalam keadaan siku menempel di platform. Saat menurunkan tangan buang nafas.


Lateral Raise/ Front Raise: Latihan ini ditujukan untuk memperkuat otot bahu, karena bahu yang kuat turut membantu mengurangi kelelahan leher dan tangan saat mengemudi dengan jarak jauh.

Cara melakukan gerakan ini, angkat lengan perlahan ke samping (side lateral raise, atau ke depan untuk front lateral raise), hingga sejajar dengan bahu. Lalu buang napas sembari menurunkan tangan.


Upright Rows: Latihan ini adalah kombinasi dari latihan otot nomor tiga. Selain melatih otot bahu, latihan ini juga melatih otot biceps. Jadi, selain menguatkan bahu, otot tangan juga dilatih.


Triceps press: Latihan ini masih ditujukan untuk memperkuat otot tangan. Caranya, saat mengangkat beban, bahu dalam keaadaan sejajar. Saat penekukan tangan, siku jangan melebar.


Latihan dilakukan dalam 3 set. Per set-nya 12-15 repetisi.

Sebelum berlatih, lakukan pemanasan terlebih dahulu. Setelah berlatih, lakukan peregangan.

No comments:

Post a Comment