Tuesday, February 10, 2009

Checkmate


Sepuluh langkah sederhana dan penting yang bisa kita lakukan sebelum berkendara.


  1. Cek oli mesin Anda

Lakukan langkah ini saat mesin mobil masih dingin. Ini untuk mendapatkan hasil yang akurat seberapa banyak oli yang ada di mobil Anda. Sapu bersih dipstick, masukkan ke dalam tempatnya, lalu tarik kembali untuk mengecek ketinggian oli. Jika marka oli terletak di antara level maksimum dan minimum, maka tambahkan oli sampai hampir berada di level maksimum. Jangan mengisi terlalu penuh karena dapat merusakkan mesin.


  1. Cek tekanan ban

Sebaiknya selalu sediakan alat pengukur tekanan ban di rumah Anda. Cek buku manual Anda untuk mengetahui berapa tekanan ban yang paling tepat untuk mobil Anda. Pompa lah ban mobil Anda sesuai dengan tekanan ban yang tertera di buku manual. Jangan memompa terlalu keras karena dapat merusakkan ban. Jangan lupa untuk mengecek serta memompa ban cadangan.


  1. Cek ban dan velg

Cek ketebalan kembang ban Anda. Pastikan ban tidak terlalu gundul karena dapat berdampak pada keselamatan Anda. Ban yang masih memiliki kembang yang baik akan memberi grip yang baik saat Anda menikung, mengerem maupun saat berkendara ketika hujan. Batas minimum ketebalan ban yang wajar adalah 1,6 mm, jika ketebalannya sudah di bawah angka itu, maka Anda sebaiknya mengganti ban tersebut. Cermati keseluruhan roda, lihat apakah ada batu yang menyisip di kembang ban, jika ada maka sebaiknya disingkirkan. Perhatikan pula kondisi velg mobil Anda dalam keadaan prima dan tidak retak.


  1. Cek air wiper dan wiper

Pastikan Anda mengecek ketersediaan air wiper di mobil Anda. Mengapa? Karena tentu Anda tidak ingin kehabisan air wiper, saat hendak membersihkan jejak lumpur atau hujan di mobil Anda, di tengah kondisi hujan lebat bukan? Kejadian ini tentulah sangat berbahaya. Pastikan wadah air wiper dipenuhi oleh campuran cairan pembersih kaca dengan air yang memadai. Jika Anda tidak memiliki cairan pembersih kaca, Anda dapat menggantinya dengan campuran shampoo dengan air. Cek pula karet wiper masih dalam keadaan baik, bersih dan tidak getas.


  1. Cek lampu mobil

Amatlah sering terjadi, seorang pengemudi lalai mengecek fungsi lampu mobilnya lalu berakhir terkena tilang, atau bahkan celaka di jalan akibat lampu mobilnya tidak berfungsi sempurna. Karenanya, pastikan selalu mengecek seluruh fungsi lampu yang ada sebelum Anda berkendara. Jika lampu tersebut mati maka segeralah menggantinya dengan bohlam yang baru.


  1. Cek seatbelt Anda

Seatbelt adalah perangkat keselamatan inti yang ada di mobil Anda. Pastikan semua sabuk dapat ditarik dan diulur dengan mudah. Lalu, pastikan prosesi mengunci dan melepas sabuk dapat dilakukan dengan sempurna, pun halnya mekanisme mengencangkan dan mengendurkan sabuk berfungsi dengan baik. Teliti kondisi sabuk, pastikan sabuk tidak sobek.


  1. Cek aki Anda

Pertama-tama, pastikan aki diletakkan dalam posisi aman dan tutup kutub kabel aki berada di posisi yang semestinya. Pastikan tidak ada kabel yang dekat dengan aki. Cegah korosi dengan memberikan sedikit Vaseline atau oli.


  1. Dengar dan pelajari

Anda dapat melakukan hal ini setiap kali mengendarai mobil. Dengarkan, apakah ada suara berisik, mendecit atau suara tak wajar lainnya? Cari tahu asal suara tersebut dan cek apa penyebabnya. Bisa saja penyebabnya adalah baut yang kendur atau mur yang lepas, atau ada sesuatu yang tak tersimpan dengan baik di bagasi, sehingga menimbulkan suara yang gaduh saat Anda berkendara. Namun jika Anda tak menemukan sumber suara atau menemukan sumber suara tetapi tidak mengerti bagaimana memperbaikinya, sebaiknya hubungi mekanik Anda.


  1. Pastikan tetap bersih

Membersihkan mobil tidak hanya berguna untuk memastikan keindahan mobil, namun juga memudahkan untuk meneliti/mengetahui masalah di mobil Anda. Alasannya sederhana, Anda akan berada sangat dekat dengan permukaan bodi mobil sehingga dapat mengetahui adanya kerusakan atau sesuatu yang aneh ketika mencucinya.


  1. Cek rem mobil

Apakah rem mobil Anda akan berfungsi sempurna ketika terjadi pengereman mendadak? Dan jika mobil Anda memiliki fasilitas anti lock brakes, apakah alat itu berfungsi? Untuk memastikannya, cari jalan yang sepi dan lakukan emergency stop. Jika hasilnya meragukan Anda, segera hubungi mekanik Anda.

No comments:

Post a Comment