Tuesday, February 17, 2009

10 WAYS TO BE GREENER

1. Buy green car
Membeli mobil hijau adalah langkah pertama untuk mengurangi dampak negative dari penggunaan mobil. Meskipun pilihan mobil Anda adalah yang paling menentukan, tetapi cara Anda mengendara dan seberapa baik Anda merawat mobil Anda, juga akan membuat perbedaan.

2. Drive Carefully and Gently
Hindari mengemudi secara agresif. Menekan pedal akselerator hingga menyentuh dek (pedal to metal), hanya akan memboroskan bahan bakar. Selain itu, gaya ini berdampak pula pada meningkatnya gas buang. Satu detik Anda mengemudi secara agresif dapat menghasilkan carbon monoksida yang sama dengan 30 menit berkendara normal.

3. Berpikirlah jauh ke depan
Usahakan untuk mengantisipasi kondisi berkendara stop and go, karena akan meningkatkan polusi. Pilihlah jalur alternatif yang terhindar dari kemacetan. Hindari pula kondisi berakselerasi dan mengerem mendadak.

4. Kombinasikan perjalanan Anda
Mesin dan katalis yang lebih panas akan menghasilkan lebih sedikit pencemaran, jadi menggabungkan beberapa perjalanan pendek menjadi satu kesatuan akan membuat banyak perbedaan.

5. Kurangi beban
Memangkas beban hingga 100 pounds mengurangi konsumsi bahan bakar hingga satu persen. Jadi, cobalah membawa beban seringan mungkin.


6. Manfaatkan fitur yang ada
Gunakan fitur overdrive saat cruising speed, jika mobil Anda memilikinya. Jika mobil Anda bertransmisi manual, pindahkan gear ke gear yang lebih tinggi dengan cepat. Mengendarai mobil dengan gear yang lebih tinggi akan mengurangi putaran mesin (rpm), dan akan mengurangi penggunaan bahan bakar serta beban mesin.

7. Sesuaikan tekanan angin ban
Rekomendasi tekanan angin yang tepat, dapat Anda temukan di rangka pintu bagian dalam atau di buku manual. Cek tekanan angin ban Anda secara teratur. Ban yang kurang angin dapat berdampak pada pemborosan bahan bakar.

8. Gunakan green tire
Beli ban low rolling resistance (LRR). Hampir seluruh manufaktur ban ternama telah menjual ban semacam ini. Penggunaan ban ini dapan menghemat bahan bakar hingga empat persen.

9. Rawat mobil Anda
Mobil yang terawatt adalah mobil yang bersih, jadi servislah mobil Anda secara teratur. Jangan lupa cek emisi gas buang Anda.

10. Gunakan transportasi umum
Transportasi massa adalah salah satu cara bijak untuk mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang berjalan di jalan-jalan kota. Tentu dengan syarat transmportasi massa yang digunakan juga harus ramah lingkungan, aman dan nyaman.

2 comments:

  1. Tips berkendara yang patut diketahui dan ingat-ingat dengan baik (jangan lupa dipraktekkan :-)).

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas komentarnya. PR-nya adalah prakteknya, dan memang tidak mudah mempraktekkannya. Tapi kita tetap harus mencoba. Jadi, selamat mencoba...

    ReplyDelete